RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                 : Ilmu Pengetahuan sosial

Kelas/Semester                                : III/ I

Waktu                                   ; 2 X 35 Menit

  1. Standar Kompetensi

Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama di sekitar rumah dan sekolah

  1. Kompetensi dasar

Menceritakan lingkungan alam dan buatan  di sekitar rumah dan sekolah

C     Indikator

  • Menjelaskan kenampakan lingkungan alam dan buatan
  1. Tujuan pembelajaran

Setelah Pembelajaran selesai diharapkan peserta didik   dapat :

  • Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah

II.      Materi Pokok

Lingkungan Alam dan Buatan

Lingkungan alam adalah lingkungan yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha esa.

Lingkungan buatan adalah lingkungan yang di buat oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan

hidupnya.

Contoh lingkungan alam adalah                 ; laut , pantai, sungai, air terjun , danau , gunung ,hutan , dll

Contoh lingkungan buatan adalah  : sawah, kolam , waduk, sekolah , taman , kebun, lapangan,dll

III.           Metode Pembelajaran

  • Cearmah
  • Diskusi kelompok
  • Penugasan
  • Tanya jawab

IV. Kegiatan Pembelajaran

  1. Kegiatan Pendahuluan

Untuk memotivasi peserta didik , guru memberikan apersepsi dengan menyanyikan lagu

“Naik – Naik Ke Puncak Gunung”.

  1. Kegiatan Inti
  • Disajikan video tentang   kenampakan lingkungan alam  dan  kenampakan lingkungan buatan , peserta didik menonton video tersebut.
  • Disediakan gambar – gambar  tentang kenampakan lingkungan alam dan buatan , peserta didik mengamati gambar tersebut.
  • Bersama kelompoknya peseta didik berdiskusi tentang berbagai macam kenampakan lingkungan alam dan kenampakan lingkungan buatan.
  • Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya di depan kelas
  • Peserta didik  lain bersama guru menanggapi laporan kelompok yang sedang persentasi di depan kelas
  • Tanya jawab tentang materi kenampakan alam dan buatan antara peserta didik dengan guru
  1. Kegiatan penutup
  • Peserta didik bersama guru membuat rangkuman materi yang telah disajikan
  • Sebagai tindak lanjut peserta didik diberi tugas /PR untuk dikerjakan di rumah , yaitu mencari gambar – gambar lingkungan kenampakan alam dan lingkungan kenampakan buatan  dari internet, ataupun dari media cetak.

V. Alat dan sumber Belajar

  • Media elektronik
  • Media cetak
  • Buku Paket IPS Kls 3 (BSE)
  • Gambar – gambar kenampakan lingkungan alam dan buatan

VI. Penialaian

  • Teknik                 : Tugas individu
  • Bentuk Tes         : Tes  Tertulis, tes Lisan
  • Instrumen          :

Isilah titik – titik di bawah ini  :

  1. Lingkungan alam adalah lingkungan …
  2. Lingkungan buatan adalah lingkungan …
  3. Laut  termasuk lingkungan …
  4. Danau termasuk lingkungan …
  5. Kebun dan taman termasuk luingkungan…

Bandung 21 Juli 2010

Wali Kelas

Sri Baryati, S.Pd

NIP. 19650123 198811 2 002



1 Komentar (+add yours?)

  1. zaza
    Apr 22, 2011 @ 12:36:14

    trimakasih atas ilmunya!!!!!!!!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: